Cara Remote Control Ubuntu Dari Sebuah Tablet Android April 26, 2017

Beberapa hari yang lalu, Laura membahas bagaimana Anda bisa menggunakan aplikasi Splashtop untuk mengakses Windows / Mac Anda dari perangkat iOS . Yang buruk adalah, ini hanya bekerja pada Windows dan Mac (meskipun aplikasinya tersedia untuk Android juga). Jika Anda menggunakan Linux, atau yang lebih spesifik lagi, Ubuntu, klien remote desktop sudah terinstal secara default dan Anda dapat dengan mudah menyalakannya untuk memungkinkan akses jarak jauh dari perangkat lain. Begini cara kerjanya. 

Di Ubuntu, buka aplikasi "Berbagi Desktop". Centang kotak "Izinkan pengguna lain melihat desktop Anda". Pastikan Anda mencentang kotak "Izinkan pengguna lain untuk mengontrol desktop Anda" juga.



ubuntu-allow-desktop-sharing

Demi keamanan, yang terbaik adalah menyetel kata sandi sehingga orang lain tidak dapat mengakses desktop Anda dengan mudah.
Itu saja yang perlu anda lakukan untuk Ubuntu anda.
Ada beberapa aplikasi di pasar yang memungkinkan Anda terhubung ke perangkat jarak jauh, namun yang menurut saya paling sesuai adalah Wyse PocketCloud RDP / VNC. Ini gratis, cepat dan mudah dikonfigurasi.
Di tablet Android Anda,
1. Download dan instal Wyse PocketCloud RDP / VNC (tautan pasar)
2. Jalankan aplikasi. Pilih link "Add Connection" di pojok kanan atas.
android-vnc-add-connection
3. Pilih Manual Connection, ikuti dengan "VNC".
android-vnc-manual-connection
android-select-vnc
4. Pada jendela konfigurasi, pilih "Windows" di bawah dropdown Sistem Operasi (ini akan bekerja untuk Mac juga). Berikan koneksi nama panggilan. Bagian yang paling penting adalah alamat Host. Di sinilah Anda memasukkan alamat IP dari mesin Ubuntu Anda. Jika tabletAndroid Anda berada pada jaringan WiFi yang sama dengan mesin Ubuntu Anda, yang harus Anda lakukan adalah memasukkan IP lokal (192.168.xx) dari mesin Ubuntu Anda. Namun, jika keduanya tidak terhubung dalam jaringan yang sama dan mesin Ubuntu Anda menggunakan IP dinamis, Anda mungkin ingin mengkonfigurasinya dengan DNS dinamis . Terakhir, ketuk "Simpan".
android-vnc-configuration
5. Kembali ke layar utama, tekan tombol "Connect" yang besar. Jika semuanya sudah diatur dengan benar, Anda harus terhubung ke mesin remote Anda dalam waktu kurang dari satu menit.
android-vnc-connected
Wyse PocketCloud bahkan hadir dengan ikon mouse yang bisa Anda gunakan untuk mensimulasikan klik kiri dan kanan mouse dan jugakeyboard sehingga Anda bisa mengetik di layar.
Untuk keluar, cukup tekan tombol Back dan akan meminta Anda jika ingin keluar dari sesi.

Seperti yang bisa dilihat, sangat mudah untuk menghubungkan jarak jauh dengan mesin Ubuntu Anda. Tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan di Ubuntu Anda. Selain itu, bahkan pada jaringan yang lambat, koneksi remote pada tablet Android juga bekerja dengan baik.

Sumber : https://rizkygeboy2602.blogspot.co.id/2017/04/cara-remote-control-ubuntu-dari-sebuah.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Komputer dan Perkembangan Generasi Komputer